Pengembangan Kreativitas dan
Keberbakatan
Soal
1
Jelaskan tentang
kreativitas dan keberbakatan
2
Jelaskan mengenai
hubungan antara keduanya
3
Manfaat yang dapat
diambil oleh mahasiswa
4
Berikan dan
jelaskan contoh kreativitas dan keberbakatan
Jawaban
1
Kreativitas pada
intinya merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik
berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya
baru maupun kombinasi dari hal-hal yang sudah ada, yang semuanya itu relatif
berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.
Menurut
Renzulli 2002, keberbakatan merupakan interaksi antara kemampuan umum dan/atau
spesifik, tingkat tanggung jawab terhadap tugas yang tinggi dan tingkat
kreativitas yang tinggi. Menurut Clark (1986), keberbakatan adalah
ciri-ciri universal yang khusus dan luar biasa, yang dibawa sejak lahir dan
merupakan hasil interaksi dari pengaruh lingkungan.Bakat adalah kemampuan yang
merupakan sesuatu yang melekat (inherent) dalam diri seseorang, merupakan
bawaan sejak lahir dan terkait dengan struktur otak.
2
Hubungan antara keberbakatan dan kreativitas
Konsepsi
“ Three-Ring Conception” dari Renzulli dan kawan – kawan ( 1981), yang
menyatakan bahwa tiga ciri pokok yang merupakan kriteria ( persyaratan)
keberbakatan ialah keterkaitan antara:
A.
Kemampuan umum di atas rata – rata
Salah
satu kesalahan dalam identifikasi anak berbakat ialah anggapan bahwa hanya
kecerdasan dan kecakapan sebagaimana diukur dengan tes prestasi belajar yang
menentukan keberbakatan dan produktivitas kreatif seseorang. Bahkan Terman (
1959) yang dalam penelitiannya terhadap anak berbakat hanya menggunakan
kriteria inteligen, dalam tulisan – tulisannya kemudian mengakui bahwa
inteligensi tinggi tidak sinonim dengan keberbakatan. Wallach ( 1976 ) pun
menunjukkan bahwa mencapai skor tertinggi pada tes akademis belum tentu
mencerminkan potensi untuk kinerja kreatif produktif.
Dalam
istilah “ kemampuan umum” tercakup barbagai bidang kemampuan yang biasanya
diukur oleh tes inteligensi, prestasi, bakat, kemampuan, mental primer, dan
berpikir kreatif. Sebagai contoh adalah penalaran, verbal numerical, kemampuan
spasial, kelancaran dalam memberikan ide, dan orisinalitas. Kemampuan umum ini
merupakan salah atu kelompok keberbakatan di samping kreativitas dan “task –
commitment”.
Dalam
istilah “ kemampuan umum” tercakup barbagai bidang kemampuan yang biasanya
diukur oleh tes inteligensi, prestasi, bakat, kemampuan, mental primer, dan
berpikir kreatif. Sebagai contoh adalah penalaran, verbal numerical, kemampuan
spasial, kelancaran dalam memberikan ide, dan orisinalitas. Kemampuan umum ini
merupakan salah atu kelompok keberbakatan di samping kreativitas dan “task –
commitment”.
B.
Pengikatan diri terhadap tugas ( task commitment cukup
tinggi)
Kelompok
karakteristik yang ketiga yang ditemukan pada individu yang kreatif produktif
ialah pengikatan diri terhadap tugas sebagai bentuk motivasi yang internal yang
mendorong seseorang untuk tekun dan ulet mengerjakan tugasnya, meskipun
mengalami macam – macam rintangan atau hambatan, menyelesaikan tugas yang
menjadi tanggung jawabnya, karena ia telah mengikatkan diri terhadap tugas
tersebut atas kehendaknya sendiri.
Galton
meskipun menganut pandangan dasar genetis untuk keberbakatan dan “ genius “,
namun dia percaya bahwa motivasi intrinsic dan kapasitas untuk bekerja keras
merupakan kondisi yang perlu untuk mencapai prestasi unggul.
Manfaat
dari definisi Renzulli ialah melihat keterkaitan antara tiga kelompok ciri
sebagai persyaratan keberbakatan: kemampuan umum, kreativitas, dan motivasi (
pengikatan diri terhadap tugas).
Jadi,
menurut definisi Renzulli, seseorang yang memiliki kreativitas pasti berbakat,
tetapi seseorang yang berbakat belum tentu memiliki kreativitas.
3
Manfaat yang dapat
diambil mahasiswa adalah
A.
Jika mahasiswa
mempunyai kreativitas
Jika
mahasiswa mempunyai kreativitas mahasiswa akan menciptakan inovasi atau
penemuan yang baru.
1.
Misalnya mahasiswa
dapat menciptakan pengganti bensin. Umumnya kita menggunakan bensin setiap hari
2.
Mahasiswa juga
bisa mengolah sampah bekas menjadi aneka macam kerajinan tangan yang bermanfaat
dan bisa menghasilkan uang.
B.
Jika mahasiswa
mempunyai bakat
Jika
mahasiswa mempunyai bakat mahasiswa akan mampu menciptakan prestasi dan mengembangkan
potensi yang ia miliki sejak lahir.
1.
Mahasiswa yang
mempunyai bakat berhitung dapat mengembangkan potensinya dengan menjadi akuntan
atau ahli fisika
2.
Mahasiswa yang
mempunyai kemampuan menggambar dan berimajinasi dapat mengembangkan potensinya
dengan mengambil jurusan arsitektur atau sipil dengan menggambar ruang yang
hasilnya bisa dirasakan oleh setiap orang.
4
Contoh kreativitas
A.
Seseorang
menciptakan tabung gas yang bisa digunakan utuk memasak dengan menggunakan
kotoran sapi dan kerbau
B.
Menciptakan pupuk
dengan menggunakan kotoran binatang yang bisa digunakan untuk menumbuhkan
tanaman
C.
Daur ulang sampah
yang menggunakan sampah sebagai bahan dasar untuk diubah menjadi barang yang
menarik seperti vas bunnga, tempat pensil dan lain-lain
D.
Dompet atau tempat
hp yang menggunakan bahan dasar dari manik-manik.
E.
Program pembangkit
listrik dengan menggunakan tenaga air dibuat dari kincir air sederhana
F.
Makanan-makanan
ringan yang sebelumnya belum pernah ada kemudian dibuat dengan bentuk menarik
seperti bakso cinta dan bakso yang menggunakan bahan dasar cokelat atau kentang
Contoh keberbakatan
A.
Seorang anak yang lahir
dengan bakat dibidang bulu tangkis, kemudian ketika besar dia mengembangkan
bakatnya untuk menjadi atlit bulu tangkis
B.
Seseorang yang
mempunyai bakat dibidang bahasa kemudian melanjutkan dan mengembangkan bakatnya
untuk menjadi sastrawan dan ahli bahasa.
C.
Seseorang yang
terlahir dengan bakat memasak kemudian ketika besar melanjutkan potensinya
untuk mejadi koki.
D.
Seseorang yang
orang tuanya adalah musisi kemudian dia juga mempunyai bakat yang sama hingga
akhirnya dia melanjutkan bakatnya untuk jadi penyanyi.
E.
Seseorang yang
mempunyai bakat dalam berkelahi, lalu ia melanjutkan potensinya dengan mengikuti
tempat bela diri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar